tips cara mengelola keuangan

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk berhasil mengelola keuangan pribadi, namun yang menjadi masalah bukanlah semua orang mengetahui cara mengelola keuangan pribadi dengan benar. Tujuan dari mengelola keuangan pribadi juga untuk meminimalkan masalah ekonomi di masa depan. Oleh karena itu, dengan mengelola keuangan kita dengan baik, kita akan dengan mudah berhasil di masa depan.

Beriki cara mengelola keuangan yang dapat kamu lakukan agar keuangan dapat berjalan dengan baik untuk sekarang dan masa depan.

Cara Mengelola keuangan

Mencatat Aset yang kamu Miliki

Bagi yang memiliki aset / aset, Anda perlu mencatat aset tersebut, termasuk aset produktif dan aset konsumen. Aset tersebut terbagi dalam dua kategori, yaitu aset produktif dan aset konsumen.

  1. Aset produktif adalah suatu aset yang dapat memberikan keuntungan pada saat aset tersebut dijual kembali, karena nilainya relatif meningkat. Contoh aset produktif: tabungan dan rumah.
  2. Aset konsumtif adalah aset yang tidak memberikan keuntungan, artinya ketika dijual kembali nilainya relatif akan turun. Contoh aset konsumtif: gadget dan perlengkapan rumah tangga.

Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Pastikan untuk mencatat semua pendapatan dan pengeluaran. Karena ini penting, selain mengkaji arus kas keuangan, Anda juga bisa menganalisis keuangan yang dikeluarkan. Misalnya, hari ini Anda menghabiskan uang untuk ojek online dan menerima gaji bulanan di hari yang sama. Melalui pencatatan rutin, Anda dapat menganalisis pengeluaran terbesar dan komponen pendapatan.Tentu saja, Anda dapat menemukan celah untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, dan Anda juga dapat memeriksa apakah ada peluang pendapatan lain.

Meperhatikan Pengeluaran

Ini juga merupakan langkah penting yang harus Anda perhatikan dalam pengelolaan keuangan, jika Anda sudah mencatat pendapatan dan pengeluaran Anda tentunya perlu memperhatikan hal ini, terutama pengeluaran harian. Tahapan ini diperlukan agar kita dapat merencanakan ulang dan memetakan pengeluaran, terlepas dari apakah pengeluaran kita rutin bulanan atau tahunan.

Menyusun Anggaran

Jika berbicara tentang pengelolaan keuangan, Anda tidak akan lepas dari penyusunan anggaran, maka dari itu harap diperhatikan hal-hal berikut saat menyusun anggaran Bedakan kebutuhan dan kebutuhan Pilih mana yang menjadi prioritas permintaan

Merencanakan Keuangan Masa Depan

Untuk mengelola keuangan Anda dengan lebih baik, Anda juga harus merencanakan dengan lebih baik kebutuhan jangka panjang Anda. Saat merencanakan rencana masa depan Anda, Anda perlu memperkirakan periode target dan pendanaan yang dibutuhkan. Setelah itu tentukan target dana yang perlu dialokasikan setiap bulannya.

Menabung Untuk Masa Depan

Persiapkan untuk masa depan. Anda bisa mempersiapkan masa depan dengan menabung atau berinvestasi, dan Anda juga bisa menyiapkan berapa uang yang bisa Anda sisihkan. Jika Anda memilih untuk menabung, maka Anda tidak akan tertarik dengan jumlah yang ditabung. Jika Anda memilih investasi, maka Anda mungkin tertarik dengan investasi yang Anda buat.