yangin park sepukulasi tantang sensor 600mp

Samsung adalah salah satu pemain utama di bidang pengembangan dan manufaktur sensor kamera. Itu adalah pabrikan pertama yang memperkenalkan sensor 64MP dan 108MP untuk smartphone konsumen dan perusahaan percaya ini baru permulaan.

Dalam editorial di situs web perusahaan, Yongin Park, Kepala Tim Bisnis Sensor di Samsung, mengungkapkan tujuan masa depan adalah sensor 600MP yang akan memberikan lebih banyak detail daripada yang bisa dilihat mata manusia.

Menurut Park, mata kita dikatakan cocok dengan resolusi sekitar 500MP. Tujuan timnya adalah mengembangkan senor yang bisa mengalahkan itu, yang akan digunakan di banyak aplikasi di luar dunia smartphone.

Samsung Galaxy S20 Ultra dengan sensor ISOCELL Bright HM1, dan Xiaomi Mi Note 10 dengan ISOCELL Bright HMX dapat menghasilkan gambar 108 MP, tetapi sebagian besar dimaksudkan untuk memotret dalam mode 12MP dan 27MP.

Tentu saja, memperkenalkan sensor kamera 600MP dengan sendirinya dapat dilakukan, tetapi itu akan sangat besar dan tidak akan cocok dengan smartphone, dan di situlah tantangan dimulai. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengecilkan ukuran piksel – sensor HM1 dan HMX memiliki ukuran piksel 0,8μm, yang hingga saat ini merupakan yang terkecil. Kemudian Samsung memperkenalkan sensor berbasis 0,7μm piksel dan diharapkan dapat mengurangi penyusutan lebih jauh.

Mr Park tidak berkomitmen untuk tenggat waktu apapun, tetapi melihat perkembangan terakhir modul 600MP mungkin datang lebih cepat dari yang kita kira.

Sumber