denda parkir jika tak lolos uji emisi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov) sudah mulai menerapkan kebijakan uji emisi mobil dan motor. Oleh karena itu, jika pemilik roda empat atau dua gagal dalam uji emisi gas buang, atau gagal dalam uji emisi gas buang, akan dikenakan denda saat parkir.

Dijelaskan Plt Kepala (Plt) Syaripudin, Direktur Badan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, hal ini berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 66 tentang pengujian emisi gas buang kendaraan bermotor tahun 2020. Pasal 57 Bab 5 mengacu pada tindakan pembatasan pada pemungutan denda.

Syaripudin dalam keterangan resminya mengatakan: “Jika pemilik kendaraan bermotor yang tidak lulus uji emisi menggunakan fasilitas parkir DKI Jakarta, otomatis akan dikenakan biaya parkir tertinggi di kemudian hari.”

Ia melanjutkan, sesuai Pasal 285 dan 286 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, selain parkir, pemilik mobil juga bisa dikenakan sanksi jalan oleh polisi dan pihak jasa angkutan. Undang-undang ini juga diperkuat oleh Peraturan Gubernur Pasal 14 (1), yang menguraikan tentang pemeriksaan kepatuhan terhadap uji emisi di jalan raya.

Ia mengatakan: “Dengan kata lain, denda maksimal sepeda motor Rp 250.000 dan denda maksimal mobil Rp 500.000.”

Denda Parkir Mulai Berlaku 24 Januari 2021

Sementara itu, menurut Syarifudin, penerapan regulasi uji emisi kendaraan bermotor akan berlaku mulai bulan ini, tepatnya 24 Januari 2021 atau enam bulan setelah diundangkan.

Ia menyimpulkan: “Peraturan Gubernur akan berlaku enam bulan sejak tanggal diundangkan.” Seperti yang kita ketahui bersama, Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi hanya ada di Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Anies Baswedan). Setelah disahkan pada 22 Juli, diundangkan pada 24 Juli 2020.

Mulai dari masa legislatif, pemerintah dan pemangku kepentingan mulai melakukan sosialisasi. Beberapa bentuknya, antara lain dengan melaksanakan uji emisi bebas. Langkah ini masih berlangsung minggu ini.

Jadwal Uji Emisi Gratis di Jakarta

Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga dalam rilis elektroniknya mengajak pemilik mobil melakukan uji emisi secara gratis. Hal tersebut diumumkan melalui Instagram @Dishubdkijakarta beberapa waktu lalu. Uji emisi gratis dapat dilakukan di lokasi yang dijadwalkan dengan tanggal.

  1. Rabu, 6 Januari – Jl Pemuda, Jakarta Timur
  2. Rabu, 13 Januari – Depan Gedung CNI, Jakarta Barat
  3. Senin, 18 Januari – Waduk Pluit, Jakarta Utara
  4. Kamis, 21 Januari – Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat

Tentunya, selain lokasi yang disebutkan, pemilik mobil juga bisa melakukan uji emisi di lokasi terdaftar lainnya. Ia mengatakan, misalnya, bengkel, kios, dan layanan kendaraan uji emisi semuanya bisa diakses di aplikasi uji emisi elektronik.