Home » Olahraga » Kabau Sirah » Inilah Spesifikasi Bakal Stadion Semen Padang FC

Inilah Spesifikasi Bakal Stadion Semen Padang FC

Stadion H Agus Salim

RANAHBERITA – Rencana Semen Padang FC memiliki stadion sendiri tak main-main. Indikatornya, pihak manajemen telah memiliki gambaran stadion itu kelak. Semen Padang FC memang telah merencanakan membangun stadion sendiri sejak lama.

Komisaris Utama PT Kabau Sirah Semen Padang, Toto Sudibyo, Sabtu (18/5/2013), menjelaskan, konsep stadion baru akan mengadopsi stadion-stadion sepakbola di Inggris.

Laga tandang di AFC Cup musim, ujar Toto, dijadikan semacam studi banding untuk rencana stadion baru. Menurutnya, stadion Warriors di Singapura dan Kitchee di Hongkong layak dijadikan referensi untuk stadion baru.

Stadion tersebut, dikatakannya, bertipe A, dengan kapasitas 25 ribu. Stadion tersebut, sambung Toto, benar-benar untuk lapangan bola, tanpa lintasan atletik.

Di dalam stadion akan dilengkapi ruang ganti pemain berstandar internasional, toilet, ruang media berstandar internasional, tempat duduk terdiri dari kursi, dan fasilitas berskala internasional lainnya.

Di komplek stadion, dia mengatakan, akan dilengkapi tempat latihan, fasilitas untuk akademi sepak bola, dan taman.

Toto mengatakan, pembangunan stadion akan paralel dengan akademi Semen Padang FC. Akademi itu nantinya, tak hanya mengakomodir bakat-bakat alam yang ada di Sumatera Barat, tapi juga terbuka dari daerah lain.

Akademi itu pun dbuat berjenjang yakni untuk usia 10, U-18, dan U-21. “Akademi menjadi jalan bagi Semen Padang untuk memaksimalkan pemain pribumi Sumatera Barat,” tukasnya.

Alokasi pembangunan stadion, jelas Toto, dibutuhkan sekitar Rp 100 miliar. Akan tetapi, jika dapat tanah hibah, tandasnya, cukup dengan dana Rp 35 miliar.

Bakal stadion itu, Toto mengungkapkan, akan dibangun secara multiyear, selama lima tahun.

Untuk lokasi, dia mengaku, telah memiliki beberapa opsi antara lain, di jalan bypass, sekitar Bandara Internasional Minangkabau (BIM), dan sekitar lapangan pacu kuda, Dadok Tunggul Hitam.

Terkait lokasi ini, Toto berharap memberi bantuan lahan atau membantu pembebasan lahan. “Kita sudah koordinasi dengan pemerintah. Sudah ada tawaran build, operate, dan transfer (BOT) tanah dari seseorang di sekitar BIM,” tandasnya.

Jika stadion ini terwujud, maka dipastikan Semen Padang akan hijrah dari Stadion H Agus Salim yang telah ditempati sejak tahun 1993. (Yose H Chende)

Berikan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>